Pengunjung

Friday, March 12, 2010

10 Tanda orang bahagia menurut kitab Tanbiqul Ghofilin (pengingat orang lupa)


10 Tanda orang bahagia menurut kitab Tanbiqul Ghofilin (pengingat orang lupa)

1.Orang yang berhati zuhud dan bahagia terhadap amaliyah akhirat
Artinya orang tersebut sudah tidak menjadikan dunia sebagai yang nomor 1 di dalam pikiran dan hatinya akan tetapi akhiratlah yang membuat dia bahagia. Karena zuhud sendiri berarti menghilangkan keduniawian di dalam hatinya dan mengisinya dengan akhirat


2.Semangat hidupnya hanya ditujukan untuk ibadah
Orang tersebut merasa bahwa ibadah adalah suatu kebutuhan, bukan kewajiban. Jadi ia menjalankan semua pekerjaannya dengan bahagia karena tidak ada rasa keterpaksaan dalam dirinya. Hal-hal yang dia lakukan juga penuh dengan semangat sebab ia menjalankannya dengan suka rela. Bila sekali saja ia tidak beribadah, ia merasa begitu menyesal.
3.Orang yang mampu membatasi ucapan pada hal-hal yang tidak bermanfaat
Orang tersebut benar-benar menjaga dan menata apa yang akan ia ucapkan, ucapan-ucapan orang tersebut selalu mengingatkan kita tentang Allah SWT. Hal-hal yang keluar dari mulut orang tersebut selalu membuat orang disekitarnya teringat tentang ibadah dan orang disekitarnya akan mendapatkan hikmah dari apa yang orang tersebut ucapkan.
4.Orang yang mampu menjaga sholat 5 waktu
Sholat 5 waktu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam. Orang yang bahagia yang dijelaskan dalam kitab tanbiqul ghofilin akan selalu menganggap bahwa sholat 5 waktu adalah kebutuhan yang harus ia kerjakan, dimana ketika mengerjakan sholat 5 waktu orang tersebut akan merasa sangat bahagia karena dia akan menghabap Tuhan yang telah menciptakannya yaitu Allah SWT. Dia akan melaksanakan sholat 5 waktu dalam kondisi bagaimanapun. Baik ketika di pagi yang dingin,di tengah teriknya matahari,atau di gelap dan sunyinya malam.
5.Wira’i
Wira’I adalah menjauhi barang barang haram dan syubhat. Yang dimaksud barang syubhat adalah barang yang tidak jelas, halal atau haramnya. Memang sulit untuk melaksanakan wira’i akan tetapi orang yang disebutkan dalam kitab ini akan mencoba sekuat tenaganya untuk menjauhi barang-barang yang haram dan barang yang tidak jelas kehalalan dan keharamannya.
6.Bersahabat dengan orang sholeh dan solehah
Orang tersebut akan bersahabat dengan orang orang sholeh sebab dia dan sahabatnya akan sama sama berjuang dijalan Allah dan akan menhindari hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.
7.Tawadhu’
8.Dermawan
Ketika ia dalam keadaan susah, ia masih akan menolong orang lain. Dia selalu berpikir bahwa dia masih lebih beruntung daripada orang ada di pinggir jalan. Rasa syukur yang selalu ternaman dalam hatinya membuat dia tidak sompong bahkan pelit.
9.Kasih sayang kepada semua makhluk
Semua yang ada di langit dan di bumi adalah ciptaan Allah SWT. Manusia yang diciptakan berbeda-beda, beda suku bangsa,agama dan adat istiadat tidak lantas membuat dia mencaci maki orang yang tidak sama agamanya dengan dia. Kepeduliannya terhadap alam dan lingkungan juga tinggi sebab dia tau bahwa semua itu juga ciptaan Allah yang wajib untuk kita cintai dan lindungi.
10.Bisa bermanfaat kepada orang lain
Dimana ada orang itu, pasti orang disekitarnya merasa bahagia sebab dia adalah seorang teman yang dapat membawa orang disekitarnya ke jalan Allah, dia selalu memanfaatkan waktu yang dia miliki untuk hal-hal yang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Followers